Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 13 Oktober 2011

budidaya rumput laut

Kembangkan Budidaya Rumput Laut, Lampung Incar PAD Triliunan Rupiah

Minggu, 03 April 2011 19:29 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG--Pemerintah Propinsi Lampung mencanangkan Gerakan Budidaya Rumput Laut di Lampung Sabtu (2/4). Pencanganan dilakukan dengan pemberian secara simbolis bibit rumput laut serta bantuan dari Menteri Kelautan dan Perikanan Rp 6,1 Miliar.
Pemerintah Lampung optimis, budidaya rumput laut akan menghasilkan PAD (Pendapatan Asli Daeah) Rp 13 Triliun per tahun dan menyerap tenaga kerja hingga 800 ribu orang. ''Potensinya cukup besar. Dari paparannya Prof Rokhmin, budidaya rumput laut bisa menghasilkan PAD Rp 13 Triliun per tahun dan menampung 800 ribu tenaga kerja,'' tandas Gubernur Lampung Sjahroedin ZP.

Rokhmin Dahuri mengungkapkan, rumput laut merupakan budidaya yang paling meyakinkan dan menguntungkan saat ini. Pihaknya memiliki pengalaman yang cukup lama dalam membina masyarakat budidaya rumput laut di Pantai Utara Pulau Jawa. '
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan yang saat ini diminta sebagai konsultan dan staf ahli di bidang kelautan dan perikanan oleh sejumlah gubernur dan bupati ini mengungkapkan, potensi rumput laut di Indonesia sangat besar. ''Terus terang, potensinya sangat besar. Itu pengalaman kami di Jawa,Sulawesi dan daerah lainnya. Satu hektar tambak rumput laut rata-rata menghasilkan Rp 3,5 juta per bulan. Kalau di laut, satu hektar bisa menghasilkan Rp 16 juta per bulan. Jadi, budidaya rumput laut ini benar-benar menjadi alat pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat,'' tandas Rokhmin.

Sumber : http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/bisnis/11/04/03/lj2td5-kembangkan-budidaya-rumput-laut-lampung-incar-pad-triliunan-rupiah

0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP