Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 08 November 2011

Anjing Laut Hidup dalam Kelompok Besar

Seperti hewan kebanyakan, anjing laut juga hidup dalam kelompok besar. Di mana, lokasi tempat tinggal mereka seolah hanya dihuni jenis mereka saja. Dan uniknya, ibu-ibu anjing laut tidak pernah tertukar untuk mengenali anak-anak mereka.

Untuk mengenali bayinya, induk anjing laut hanya menggunakan penciuman. Ketika bayi mereka lahir, si ibu memberikan ciuman pertama menyambut kelahiran anaknya. Tidak sekadar ciuman, dengan ciuman ini si ibu akan mengenali bau anaknya yang digunakan untuk mengenali bayinya sendiri.

Tubuh bayi anjing laut dibaluti oleh “minyak bayi” yang menjaga tubuh bayinya tetap hangat. Minyak tersebut sangat tebal dan membantu mereka mengapung ketika pertama kali berlatih untuk berenang, karena massa jenis minyak lebih ringan daripada air. 


Bayi anjing laut hanya membutuh waktu selama 2 minggu untuk belajar berenang. Naluri hewan laut pun keluar dan berenang menjadi bagian kehidupan mereka. Anjing laut dewasa mampu berenang hingga kedalaman 600 meter di bawah laut maupun di air es kutub, dengan suhu sekitar -5 derajat celcius. Hewan ini dijuluki “Penyelam Ulung.” Tetapi saat berada di darat pergerakan Mamalia karnivora ini menjadi lebih lamban.

Anjing laut mampu berenang dalam sungai es bukan karena tanpa sebab. Lemak dalam tubuh mereka mampu menahan rasa dingin yang diberikan sungai-sungai es di daerah kutub.

0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP