Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 08 November 2011

Penyu Kian Terancam Kimia Buatan Manusia

turtle
esciencenews.com
 
 
Riset pertama yang aktif menganalisa penyu jantan menggunakan satelit pelacakan terkait polutan geografis mengungkap fakta mengejutkan. Apa itu?Riset mengungkap fakta kimia buatan manusia mengancam penyu malang ini. Riset yang diterbitkan di Environmental Toxicology and Chemistry ini menganalisis tingkat kimia dalam darah penyu.
“Risiko ditimbulkan bahan pencemar organik persisten (POPs) yang sebagian besar merupakan misteri pengancam penyu tempayan laut,” kata pemimpin penulis Jared Ragland dari College of Charleston.
“Pemahaman jelas risiko ini sangat penting bagi pengelola satwa liar yang berusaha memelihara kesehatan reproduksi individu aktif dan berkelanjutan kehidupan secara keseluruhan”.
Sebanyak 29 ekor penyu ditangkap di Port Canaveral, Florida dan dipasang pemancar satelit sebagai bagian proyek Dinas Kelautan Perikanan Nasional. Darah penyu dianalisa untuk melacak pestisida organoklorin (OCP), polychlorinated biphenyls (PCB), eter difenil bifenil (PBDEs) dan toxaphenes, bahan kimia yang memiliki efek karsinogenik dan perkembangan saraf.
Dari 29 penyu, 19 penyu dianalisa untuk mengetahui kadar POPs dan dipisah menjadi dua kelompok dan diawasi selama 60 hari. Sebanyak 10 kura-kura pergi ke utara di sepanjang pantai Atlantik Amerika Serikat (AS) dan akhirnya sampai di perairan New Jersey-South Carolina. Sementara itu, sembilan penyu tetap tinggal di Cape Canaveral.
Data pelacakan mengungkap, individu yang bermigrasi ke utara setelah musim kawin memiliki konsentrasi plasma darah POPs dan membuat mereka berisiko tinggi terkena efek toksik dibanding penyu yang tinggal di Florida.
Penyu yang bermigrasi menghadapi keracunan kumulatif akibat pencemar yang menyusup pada rantai makanan mereka melalui spesies mangsa penyu, termasuk kepiting.
“Meski penyu terdaftar sebagai spesies terancam selama lebih dari 30 tahun, baru saat ini kami bisa memulai memeriksa efek bahan kimia buatan manusia pada hewan-hewan di alam liar,” tutupnya. [mor]

0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP